Pages

Translate this Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, April 30, 2009

Cara membuat antena wajan bolic

Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005.. dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.. dan apabila kos-kosan kita dekat area hotspot kita hanya memerlukan salah satu perangkat keras diatas, kl kos-kosan kita jauh gimana yah??,, sekarang kita membahas tentang cara membuat antena wajan bolic yang sekarang lagi naik daun. Antena wajan bolic bertujuan untuk memperhemat dana dari pada membeli antena grid atau yagi yang mahal itu, tapi bisa juga sih antena wajan bolic dibuat untuk mecrack keamanan ISP.kekeke langsung saja kita ke topik permasalahan yaitu :

- persiapan : Penggaris, Solder, Bor, gergaji

- bahan : USB Wi-fi, Wajan, Pipa 3 dim, Dop 3 dim 2 pasang, Alumunium Foil, Mur dan Baut, Double tape, Lakban, kabel UTP 15 m, Kabel USB

sekarang kita mulai pembuatannya,

pertama-tama wajan kita ukur panjang diameternya, setelah itu ukur kedalaman wajan.. kemudian kita hitung untuk mengetahui batas feeder pada pipa

Rumus untuk feeder :f = D^2 / (16*d)
keterangan wajan

setelah kita mengetahui batas feeder pada pipa kita memulai melubangi wajan dengan Bor untuk menempelkan Dop pipa nantinya dengan baut dan mur, pada pipanya kita lubangi yang dimana nantinya kita memasang USB wi-fi nya, untuk rumus melubangi pipa dan tinggi USB Wifi dapat dilihat disini

setelah kita sudah mengikuti langkah-langkah tersebut maka kita mulai memasang Alumunium Foil pada Pipa dengan ketentuan batas feeder bebas alumunium foil.. dan jangan lupa dop satunya dikasih alumunium foil juga pada dasarnya, nah setelah selesai pemasangan alumunium foil maka kita lanjutkan dengan pemasangan pipa ke wajan ^_^ setelah itu langkah terakhir pada kabel UTP kita modifikasi dengan kabel USB, untuk modifikasi kabel dapat dilihat pada gambar

Kabel USB

kabel UTP

Modifikasi

modifikasi kabel selesai trus tinggal pasang deh ^_^
hasilnya akan seperti ini kira-kira.hehe

Hasil

gambar-gambar diambil dari galerynya pak goen

Sumber :yahman.wordpress.com


14 comments:

  1. mantep nich wajan blic, bisa dipraktekkan di tarakan... yukkunjungin log aku di sini Wisata SEO Sadau makasih

    ReplyDelete
  2. Praktekan aja, lumayan ko buat menghemat bbm, aku juga salah satun pemakainya he.he.he.he...

    ReplyDelete
  3. mahal ga fren, kayanya harus beli wifi external lagi ya. ga bisa pke wifi bawaan dari note book ya ?

    ReplyDelete
  4. kayaknya harus beli usb wifi, soalnya usb wifinya ditaruh diatas antena wajan...kalau harga aku pake yang TP-LINK 322G sekitar 260rb ketika dollar 11rb(tapi pastikan dulu antara radius 1km dari tempat tinggal ada AP atau sinyal hotspot)

    ReplyDelete
  5. koneksu kenceng gk ?

    ReplyDelete
  6. Lumayan sih antara 5.5 - 11Mbs

    ReplyDelete
  7. usb wifi yang bisa untuk jarak 3km'an apa ya?? hotspot paling deket 3km'an. ato antena perlu diubah? NewBe juga mo tanyaa... AP apaan sih???? biasa sinyal AP tersedia dimana? & pakenya gimana? untuk tau info AP ada dimana tu... Gimana???? Trussss setinggnya GImana lagi????

    ReplyDelete
  8. untuk jarak antara 3km lebih bagus dibuat dengan diameter wajan bolicnya lebih besar,posisi pengarahan ke AP diusahakan tidak terhalang oleh bangunan,USB wifi yg aku pakai TPLINK 322G bisa sampai 2km mendapat sinyal 72%,sinyal acses point biasanya terdapat di mall2, cafe, yang menyediakan HOT SPOT gratis untuk pengunjung atau juga Provider layanan internet tanpa kabel (wifi). pada windows XP sudah ada fasilitas wireless network conection untuk pengecekan sinyal AP, an kalau beli USB WIFI disertakan pula CD software nya .

    ReplyDelete
  9. setinggnya susah ndak ya? dekat saya ada hot spot gratis. seting di pc susah ndak?

    ReplyDelete
  10. ngak ada setting khusus pada pc, pada Win XP SP2 sudah disediakan Fasilitas Wireless network Conection,jadi apabila ada acces Point yang terdeteksi tinggal klick conect saja atau bisa juga pakai software dari bawaan USB WIFI.apalagi ada hotspot gratis deket rumah uenak tenan brooo..

    ReplyDelete
  11. bang... ada yang bilang.. katanya lebih bagus antena kaleng yang depannya diberi corong (horn antena) betul ndak to?

    ReplyDelete
  12. kemungkinan bisa, tapi untuk jarak yang agak jauh saya rasa lebih bagus yang model wajan (seperti antene Grid ataupun parabola)menurut para pakarnya, lebih besar diameternya semakin bagus.

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. iya nih sob, ane belum sempet, masih sibuk ama kerjaan jadi blm sempet update lagi

      Delete