Pages

Translate this Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, January 25, 2009

Cara Sederhana Memperbaiki Listrik Konslet

Bila tiba2 listrik dirumah padam atau istilahnya konslet secara tiba2 sedangkan kita sedang enak tidur dimalam hari jangan panik dulu, ambil lampu senter kalau ngak ada korek juga bisatuh yang penting bisa keliatan kalau jalan, hal pertama yang harus dilihat adalah zikring atau MCB yang didekat meter PLN pasti turun karena itu adalah alat pembatas daya dan pengaman kalau terjadi hubungan singkat, jangan langsung dinaikan lagi karena hubungan singkatnya belum ketemu.
Setelah itu matikan dulu semua posisi saklar lampu keposisi off, lalu cabut semua peralatan listrik yang dicolokan pada stop kontak, setelah semuanya ok! coba naikan MCB yang ada didekat meter PLN dan juga yang ada didalam rumah ( kalau pake ), kalau tidak ada masalah coba nyalakan saklar lampu satu persatu dan apabila ada saluran lampu yang konslet begitu kita nyalakan saklar lampu itu zikringnya akan turun kembali, nah disini sudah bisa dipastikan bahwa jurusan yang kelampu itu rusak, maka matikan kembali saklar lampu yang bermasalah itu dan naikan kembali MCB yang turun itu.ulangi langkah2 seperti diatas untuk saklar lampu yang lainnya (saklar lampu yang bermasalah tadi jangan dinyalakan dulu - isolatip aja saklarnya dalam posisi off ), setelah lampu nyala semua baru dilanjutkan dengan peralatan listrik yang tadi dicabut.

Hasil survey & investigasi kasus diatas ( keren banget bahasanya ) :
* Kebanyakan terjadi konslet pada lampunya, terutama pada lampu hemat energi atau istilahnya lampu SL yang murahan, kemungkinan lampu yang mahal juga bisa sih (kasus seperti diatas tinggal ganti aja lampunya dengan yang baru).
* Kalau cara tersebut diatas tidak bisa berarti ada saluran instalasi induknya yang rusak, untuk menerangkanya agak ribet nich.. karena tergantung dimana penyakit yang dirasakannya ( kayak dokter aje ).

Mudah2an dapat membantu buat temen-temen.
Blogged with the Flock Browser

13 comments:

  1. makasih ach.. infonya,jadi ngak terlalu bingung, soalnya dirumah pernah juga begitu.

    ReplyDelete
  2. klo di rumah saya , kadang2 suka konslet pas nyolokin kabel ke stop kontak ,..kenapa ya ?

    ReplyDelete
  3. kabel yang dicolokan untuk alat apa,kalau kbl yg dicolokan untuk alat yg berdaya besar bisa terjadi trn pada zikring dikarenakan pada saat colokan menempel pada stop kontak terjadi loncatan bunga api dikarenakan beban sesaat yg besar

    ReplyDelete
  4. Listrik di tempatku MCB turun setelah 1 menitan dihidupkan, ini konslet kena air atau MCBnya rusak ya...? semua jaringan kabel sudah di cek baik-baik saja.

    ReplyDelete
  5. klu semua jaringan sdh dicek ok ,kemungkinan bisa juga MCBnya lemah,tapi untuk memastikannya hitung dulu jumlah pemakaian watt yang dipakai yang melalui mcb tersebut.
    apabila blm melewati batas kemampuan wat MCBnya berarti MCB lemah. sederhananya hitung kekuatan MCB ( Ampere MCB X Tegangan 220V = Watt )
    atau bisa juga memang konslet karena induksi dari kabel yg basah/lembab biasanya pada jaringan lampu taman dan jaringan instalasi listrik yang tertanam di dak beton.

    mudah2an bisa membantu

    ReplyDelete
  6. Kalau korlsetnya karena basah (bocor), sempat meledak kecil dan jaringan jadi mati semua, itu solusinya gimana ya? Perlu telepon PLN / servis listrik atau bisa diperbaiki sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PLN tidak mengerjakan perbaikan listrik dalam rumah konsumen, hanya sampai meteran listrik saja. jadi klu masalahnya sdh diketahui tempat yang terkena bocornya tinggal diperbaiki saja kabel yang terkena basahnya, biasanya pada tempat sambungan kabel (klu diperbaiki sendiri bisa saja tapi kemungkinan hrs naik ke plafon atau tangga untuk mencapai tempat kabel yang terkena bocor),klu tidak berani sih harus panggil jasa tukang service listrik untuk perbaikannya.
      Klu di wilayah bogor bisa panggil klinik listrik
      di alamat www.wijayakarya.co.id

      Delete
  7. listrik d rumah saya tak bertahan lama paling lama satu jam saja,lalu d hidupkn lg MCB nya menyala lagi satu jam stelah itu mati lg,,ini terjad baru dua hari kemarin,kira kira apa yg terjadi?
    sedangka kalo konslet tak mungkin MCB dap d hidupkn,ini normal saja MCBnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya terjadi karena ada saluran instalasi listrik yang induksi,penyebabnya bisa dari sambungan kabel yang lembab,sambungan kabel lampu taman,dan bisa juga pada isolasi kabel yang mulai rusak dimakan rayap. jadi tidak terjadi konslet langsung,dimana konsletnya memerlukan waktu tergantung tingkat induksinya, bisa 1/2 jam ataupun lebih dari 1 jam.untuk penanganannya memang agak lama dikarenakan harus dicek tiap sambungan untuk mencari saluran kemana yang induksi,apalagi jika kondisi instalasi listriknya di dalam cor beton.

      Delete
  8. informasi ini sangat berguna,terimakasih sudah membantu blog KUDEL413, InsyaAllah menjadi Amal baik.Aamiin

    ReplyDelete
  9. bagus banget bang.

    desasendiri.blogspot.com

    ReplyDelete