Pages

Translate this Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, January 25, 2009

Cara Sederhana Memperbaiki Listrik Konslet

Bila tiba2 listrik dirumah padam atau istilahnya konslet secara tiba2 sedangkan kita sedang enak tidur dimalam hari jangan panik dulu, ambil lampu senter kalau ngak ada korek juga bisatuh yang penting bisa keliatan kalau jalan, hal pertama yang harus dilihat adalah zikring atau MCB yang didekat meter PLN pasti turun karena itu adalah alat pembatas daya dan pengaman kalau terjadi hubungan singkat, jangan langsung dinaikan lagi karena hubungan singkatnya belum ketemu.
Setelah itu matikan dulu semua posisi saklar lampu keposisi off, lalu cabut semua peralatan listrik yang dicolokan pada stop kontak, setelah semuanya ok! coba naikan MCB yang ada didekat meter PLN dan juga yang ada didalam rumah ( kalau pake ), kalau tidak ada masalah coba nyalakan saklar lampu satu persatu dan apabila ada saluran lampu yang konslet begitu kita nyalakan saklar lampu itu zikringnya akan turun kembali, nah disini sudah bisa dipastikan bahwa jurusan yang kelampu itu rusak, maka matikan kembali saklar lampu yang bermasalah itu dan naikan kembali MCB yang turun itu.ulangi langkah2 seperti diatas untuk saklar lampu yang lainnya (saklar lampu yang bermasalah tadi jangan dinyalakan dulu - isolatip aja saklarnya dalam posisi off ), setelah lampu nyala semua baru dilanjutkan dengan peralatan listrik yang tadi dicabut.

Hasil survey & investigasi kasus diatas ( keren banget bahasanya ) :
* Kebanyakan terjadi konslet pada lampunya, terutama pada lampu hemat energi atau istilahnya lampu SL yang murahan, kemungkinan lampu yang mahal juga bisa sih (kasus seperti diatas tinggal ganti aja lampunya dengan yang baru).
* Kalau cara tersebut diatas tidak bisa berarti ada saluran instalasi induknya yang rusak, untuk menerangkanya agak ribet nich.. karena tergantung dimana penyakit yang dirasakannya ( kayak dokter aje ).

Mudah2an dapat membantu buat temen-temen.
Blogged with the Flock Browser

51 comments:

  1. makasih ach.. infonya,jadi ngak terlalu bingung, soalnya dirumah pernah juga begitu.

    ReplyDelete
  2. klo di rumah saya , kadang2 suka konslet pas nyolokin kabel ke stop kontak ,..kenapa ya ?

    ReplyDelete
  3. kabel yang dicolokan untuk alat apa,kalau kbl yg dicolokan untuk alat yg berdaya besar bisa terjadi trn pada zikring dikarenakan pada saat colokan menempel pada stop kontak terjadi loncatan bunga api dikarenakan beban sesaat yg besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi solusi buat stop kontaknya gimana...?
      Sy jg demikian, pas nyolokin laptop ke stop kontak listrik langsung mati

      Delete
  4. Listrik di tempatku MCB turun setelah 1 menitan dihidupkan, ini konslet kena air atau MCBnya rusak ya...? semua jaringan kabel sudah di cek baik-baik saja.

    ReplyDelete
  5. klu semua jaringan sdh dicek ok ,kemungkinan bisa juga MCBnya lemah,tapi untuk memastikannya hitung dulu jumlah pemakaian watt yang dipakai yang melalui mcb tersebut.
    apabila blm melewati batas kemampuan wat MCBnya berarti MCB lemah. sederhananya hitung kekuatan MCB ( Ampere MCB X Tegangan 220V = Watt )
    atau bisa juga memang konslet karena induksi dari kabel yg basah/lembab biasanya pada jaringan lampu taman dan jaringan instalasi listrik yang tertanam di dak beton.

    mudah2an bisa membantu

    ReplyDelete
  6. Kalau korlsetnya karena basah (bocor), sempat meledak kecil dan jaringan jadi mati semua, itu solusinya gimana ya? Perlu telepon PLN / servis listrik atau bisa diperbaiki sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PLN tidak mengerjakan perbaikan listrik dalam rumah konsumen, hanya sampai meteran listrik saja. jadi klu masalahnya sdh diketahui tempat yang terkena bocornya tinggal diperbaiki saja kabel yang terkena basahnya, biasanya pada tempat sambungan kabel (klu diperbaiki sendiri bisa saja tapi kemungkinan hrs naik ke plafon atau tangga untuk mencapai tempat kabel yang terkena bocor),klu tidak berani sih harus panggil jasa tukang service listrik untuk perbaikannya.
      Klu di wilayah bogor bisa panggil klinik listrik
      di alamat www.wijayakarya.co.id

      Delete
    2. Kalo stopkontakny basah,nh waktu kita cabut kita kesetrum.terusgimana dong.takut nya ut stopkomtak itu

      Delete
  7. listrik d rumah saya tak bertahan lama paling lama satu jam saja,lalu d hidupkn lg MCB nya menyala lagi satu jam stelah itu mati lg,,ini terjad baru dua hari kemarin,kira kira apa yg terjadi?
    sedangka kalo konslet tak mungkin MCB dap d hidupkn,ini normal saja MCBnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya terjadi karena ada saluran instalasi listrik yang induksi,penyebabnya bisa dari sambungan kabel yang lembab,sambungan kabel lampu taman,dan bisa juga pada isolasi kabel yang mulai rusak dimakan rayap. jadi tidak terjadi konslet langsung,dimana konsletnya memerlukan waktu tergantung tingkat induksinya, bisa 1/2 jam ataupun lebih dari 1 jam.untuk penanganannya memang agak lama dikarenakan harus dicek tiap sambungan untuk mencari saluran kemana yang induksi,apalagi jika kondisi instalasi listriknya di dalam cor beton.

      Delete
    2. ada solusi lain selain mengganti kabel untuk kasus konsleting kabel yang induksi di dalam beton?? induksinya besar sekali sampe bikin koslet, dibikin gronpun saya ragu (ga berani nyoba).. makasi atas penjelasannya

      Delete
  8. informasi ini sangat berguna,terimakasih sudah membantu blog KUDEL413, InsyaAllah menjadi Amal baik.Aamiin

    ReplyDelete
  9. makasih yua atas infonya semoga bermanfaat.
    rajalistrik.com

    ReplyDelete
  10. bagus banget bang.

    desasendiri.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Kalau induksi lampu kulkas untuk pendingin minuman bagaimana betulin gan

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat banget infonya. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  13. Kalau misal salah satu lampu meleduk dan menyebabkan listrik rumah mati total bagaimana?apa yg sebaiknya dilakukan?setelah mematikan MCB?apakah tetap aman jika MCB dinyalakan kembali?

    ReplyDelete
  14. Klau mbc yg ada di dlm rumh sudh di on kn tpi listrik gk nyala juga... gmn?

    ReplyDelete
  15. Kalau listrik di rumah tiba2 mati pada saat saya mau colokin kabel roll gimana tuh? Saya colokin ke saklar yang bercabang 3. Tapi hanya 2 yg saya pakai 1 untuk kipas angin 1 lg untuk kabel roll. Tp kena pd saat saya colokin kabel roll malah mati listrik di rmh sy? Terus seperti ada percikan api yg keluar dr saklar nya. Mohon bantuannya :(

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas informasinya gan, semoga bermanfaat.
    kami juga berbisnis home electric. Silahkan kunjungi website kami !!!
    http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  18. terimakasih atas infonya gan, kunjungi juga http://www.rajalistrik.com/
    disini tersedia peralatan-peralatan listrik.

    ReplyDelete
  19. Selamat pagi bos... Saya mau tanya. Mcb induk di villa saya kenapa y setiap sore jm 18:30 pasti turun. Padahal sdh saya coba satu persatu masih aja turun mcb induk nya. Mcb yang jalur ke vila sdh saya turunin semua,tpi tetap aja turun mcb induk nya. Mohon bantuanya bos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pada jam 18:30 tengangan PLN nya turun jadi otomatis pada pemakaian beban yang sama tetapi memakan ampere lebih besar

      Delete
  20. share aja, mcb dlm posisi on, ada pulsanya, listrik tetangga jg hidup tapi kompor saya tiba2 mati, oala ternyata gas-nya habis

    ReplyDelete
  21. Mau nanya,kalo listrik rumah tiba2 mati lalu eaktu dinyalakan kembali terjadi ledakan kecil di mcb itu gmn ya saya gatau sih ada bocor atau nggak apa pln harus membongkar plafon?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu MCB dinyalakan kembali ada ledakan berarti ada instalasi atau peralatan di dalam rumah yang konslet, sebaiknya diperiksa dan diperbaiki dulu masalahnya

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Mau nanya kalo pernah koslet. Mempengaruhi serat kabel gak ? Warna kabel Saya kok berubah jadi abu2/ silver sebagian.apakah perlu Saya ganti kabel rol nya. Makasih atas infonya

    ReplyDelete
  24. Listrik di rumah saya mati gara" pas saya pulang kipas angin yang selalu mencolok di kamar saya di copot lalu pas di pasang lagi listriknya turun. Itu gimana nya?

    ReplyDelete
  25. Listrik di rumah saya mati gara" pas saya pulang kipas angin yang selalu mencolok di kamar saya di copot lalu pas di pasang lagi listriknya turun. Itu gimana nya?

    ReplyDelete
  26. Terimakasih gan infonya bermanfaat...

    ReplyDelete
  27. pa saya punya kasus pernah terjadi kbakaran di saklar kulkas dan mcb tidak turundan saya coba dengan menghubung pendekan arus - + tapi pada mcb tetap tidak turun padahal terjadi konslet bagai mana y udah dicoba ganti mcb standar (baru)tetap tidak bisa off arde sudah saya perdalam 3mdan saya hubungi petugas 123 pln tetap tidak tau apa kasusnya masih on mohon penceraha ?

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Gan minta solusinya dong kemaren saya pasang instalasi listrik sendiri di rumah, dah nyala semua sih, tpi anehnya pas saya cek semua di semua sambungan yg ada di tedus pke tespen kok isolasi yg di kabel positif nyala semua saya cba di tespen di kulitnya jga nyala, jdi istilah nya tembus gtu, nah trus pas di kabel yg murah yg ke saklar ada yg pke kabel murah krna kurang dskit pas pasang, itu smpe tembus ke pipa di tespen nyala, tpi di pegang ga nyetrum gan, tolong jawabannya gan terimaaksih

    ReplyDelete
  30. Gan minta solusinya dong kemaren saya pasang instalasi listrik sendiri di rumah, dah nyala semua sih, tpi anehnya pas saya cek semua di semua sambungan yg ada di tedus pke tespen kok isolasi yg di kabel positif nyala semua saya cba di tespen di kulitnya jga nyala, jdi istilah nya tembus gtu, nah trus pas di kabel yg murah yg ke saklar ada yg pke kabel murah krna kurang dskit pas pasang, itu smpe tembus ke pipa di tespen nyala, tpi di pegang ga nyetrum gan, tolong jawabannya gan terimaaksih

    ReplyDelete
  31. maaf mau bantu jawab, mas andri menggunakan tespen apa? tespen induksi listrik apa tespen biasa? jika tespen induksi memang mau di tes di atas kulit kabel/ isolator kabel selama ada arus listrik indikator tespen pasti nyala, karena itu menandakan ada arus listrik, mas andri gunakan tespen biasa saja. oke

    ReplyDelete
  32. RAHMAD, terima kasih telah berbagi, semoga sukses, Salam

    ReplyDelete
  33. Önemli giriş adreslerine buradan ulaşabilirsiniz.
    betturkey giriş
    betpark giriş
    QO1

    ReplyDelete